Cara Sehat Susut Cepat

Written By Unknown on Selasa, 30 November 2010 | 12.15

Butuh menurunkan berat badan secara kilat? Lakukan tip sehat ini.

Kita pasti sering mendengar, susut terlalu cepat hanya akan membuat kita mengalami sindrom yoyo. Tubuh akan mengalami kenaikan berat badan dua kali lipat, tepat setelah kita berhasil menurunkan beberapa kilogram saja.

Tapi menurut Michael Dansinger, MD, dokter pada acara The Biggest Loser, diet yang tepat bisa menurunkan bobot kita dengan cepat tanpa menyisakan efek yoyo. “Tidak ada yang salah dengan langsing secepat kilat. Kita hanya perlu menemukan cara yang tepat.”

Dansinger kemudian menjelaskan, teorinya, seseorang dapat menurunkan berat badan sebanyak 9 kilogram dalam waktu satu minggu! Rumusnya, menjalankan pola konsumsi sehat yang benar dan berolahraga minimal 7 jam dalam satu minggu. “Inilah yang dilakukan para peserta The Biggest Loser, sehingga merekaberhasil memiliki berat proposional dalam waktu singkat,” paparnya.

Meskipun kita tidak ikut dalam program penurunan berat badan yang sudah dirancang khusus, kita masih mampu membuang 1,5 lemak dari tubuh dalam seminggu. Triknya masih sama, makan sehat dan olahraga teratur di rumah. Bahkan menurut konselor diet Katherine Tallmadge, RD., memiliki motivasi yang spesifik seperti menjadi pengantin atau menghadiri reuni sekolah dan ingin terlihat menarik, adalah motivasi yang bisa dengan cepat membakar kalori dalam tubuh.

Bagaimana semua itu dapat diwujudkan? Formula diet yang sehat adalah kita membakar lebih banyak dari yang kita makan. Para ahli diet biasanya akan meminta kita untuk membuang 500 kalori per hari dengan cara makan lebih banyak serat serta berolahraga. Jika selam seminggu kita melakukan ini, maka lemak akan terbuang sebanyak 0,5 sampai 1 kilogram.

Tapi jika kita ingin susut lebih cepat, maka kita perlu membakar 1.050-1.200 kalori. Selain mengurangi asupan karbohidrat dan lemak, kita harus menambah asupan serat. Plus kita harus berolahraga selama satu jam setiap harinya. Maka dalam seminggu, kita bisa menurunkan berat badan sebanyak 1,5-2 kilogram.

“Bahkan kita bisa menurunkan lebih banyak lagi jika membatasi konsumsi garam dan tepung-tepungan, susutnya akan lebih banyak. Sebab kedua makanan ini mengurangi retensi cairan dalam tubuh,” Dansinger menyemangati. Adapun makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan, sayur-sayuran, putih telur, olahan kedelai, dada ayam tanpa kulit, ikan, susu rendah lemak, daging tanpa lemak, dan air putih.

Untuk melengkapi menu penurun berat badan itu, Dansinger menyarankan kita untuk melakukan olahraga kardio. Mengapa kardio? Olahraga ini membakar lebih banyak kalori. “Selingi juga dengan latihan pembentukan otot, sehingga kita tak hanya membuat tubuh bugar tapi juga membentuk tubuh.”

Jika berat badan yang kita inginkan sudah tercapai, Dansinger meminta kita untuk tetap menerapkan pola makan sehat serta rutin berolahraga. Dengan demikian, bobot ideal akan tinggal lama dalam tubuh kita, sebab metabolisme tubuh tetap stabil. (Siagian Priska)

sumber : http://www.preventionindonesia.com/article/cara-sehat-susut-cepat?channel=weight_loss/diets

0 komentar:

Posting Komentar